Stok Langka, Harga Tomat Tembus 25.000/kg

Harga tomat pecah rekor tembus 25.000/kg di Pasar Legi Ponorogo. Tidak diketahui pasti penyebab naiknya harga tersebut namun sudah sejak sebulan terakhir tidak mau turun. Seperti disampaikan Suprihatin, pedagang sayur di pasar legi harga tomat mulai naik sejak 1 bulan terakhir. Kenaikan harga ini secara bertahap mulai dari 12.000, 18.000 hingga akhirnya 25.000. Disinyalir melonjaknya harga karena dampak musim hujan yang menyebabkan tomat busuk sehingga stok berkurang. Bahkan dirinya pun hanya mempunyai stok tomat sedikit. 


Selain harga tomat yang mengalami kenaikan harga timun, semua harga cabai mengalami kenaikan baik harga cabe rawit yang sekarang 45 ribu dan cabe besar 35 ribu.

Nery pedagang lainnya, membenarkan harga tomat mencapai 25.000/kg karena stok tomat terbatas. Diduga penyebabnya karena dampak cuaca hujan.

Sementara kenaikan harga tomat membuat pedagang kuliner putar otak menyiasati tetap untung. Seperti dikatakan Aksan penjual ayam penyetan, dirinya tidak bisa mengurangi porsi sambal tomat saat dihidangkan pelanggan meskipun harga tomat mahal. Karena jika dikurangi maka dikhawatirkan pelanggannya kabur. Sehingga lebih mengambil keuntungan sedikit.