Sudah Tuntas Vaksin Covid-19? Mulai 1 Februari Tidak Gratis

Vaksinasi covid-19 tidak lagi gratis mulai 1 Februari 2024. Hanya saja belum ada ketentuan berapa besarannya, sebab Dinas Kesehatan masih berkoordinasi dengan sejumlah klinik swasta.


Anik Setyarini, Kabid P2P Dinas Kesehatan Ponorogo mengatakan instruksi vaksinasi Covid-19 berbayar itu sudah turun sejak awal januari lalu. Meski begitu, sebelum direalisasikan pihaknya sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar segera melakukan vaksinasi mumpung masih gratis. Sayangnya respon warga tetap saja kurang bagus, dimana hanya orang orang yang berkepentingan untuk bekerja yang mau vaksinasi misalnya mau kerja keluar negeri. Itupun didominasi warga luar daerah yang datang ke Griya Vaksin Dinkes Ponorogo.

Kendati demikian, masih ada vaksinasi covid-19 yang gratis namun hanya untuk lansia diatas 60 tahun ataupun mereka yang berusia diatas 18 tahun dan dibawah 60 tahun dan belum pernah vaksinasi covid sama sekali serta memiliki komorbid. Mereka bisa mengajukan dengan daftar dahulu di puskesmas wilayah masing masing.