Jelajah

Sudah Ada DED, Gedung Kreatif di Eks Pasar Lanang Belum Jelas Kapan Dibangun

Meski eks Pasar Lanang akan dijadikan gedung kreatif, namun belum jelas kapan direalisasikan. Padahal, pusat sudah menganggarkan sekitar Rp1,4 miliar untuk bekas Pasar Legi Selatan tersebut.

Judha Slamet Sarwo Edi Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga, mengatakan meski belum jelas kapan pembangunannya, tapi dipastikan tahun ini.

Saat ini, pihaknya sedang melengkapi kebutuhan administrasi proyek pembangunan di pusat kota tersebut. Detail Engineering Design (DED) pun sudah selesai dikerjakan. Senin depan, pihaknya akan melakukan rapat di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

“Bulannya kita masih menunggu besok Senin itu, tapi yang jelas kegiatan tahun 2024,” katanya ketika ditanyakan kapan akan dimulai..

Diperkirakan hari Senin, kata Juda, sudah tahu kejelasannya pembangunannya dimulai bulan apa. Sedangkan untuk pemerataan lahan di eks Pasar Lanang, pihaknya akan bekerja sama dengan Dinas Perdagangan Koperasi dan UMKM.

Pasalnya, lahan tersebut merupakan aset Dinas Perdagangan Koperasi dan UMKM. Pemerataan akan dibiayai APBD 2024.

“Berbagai fasilitas seperti gerai-gerai untuk menampung showcase ruang ekonomi kreatif, kemudian disitu ada panggung kreatif untuk seni pertunjukan,” imbuhnya.

Gedung kreatif nanti akan menjadi pusat kegiatan dari kesenian, ekonomi kreatif, kuliner, hingga kriya batik. (yd/rl/ab)