Jelajah

Pasca Tanah Longsor di Dukuh Dawuk, Pemdes Gondowido Ngebel Upayakan Akan Bangun Talud

Pemerintah desa Gondowido Ngebel akan mengupayakan membangun plengsengan atau talud pasca tanah longsor yang menyebabkan satu rumah dindingnya jebol pada Kamis (25/4) lalu.

Kepala Desa Gondowido, Baskoro Widya Mandala, mengungkapkan bahwa pembangunan talud dinilai sangat mendesak sebab jika tidak, jalur penghubung Dukuh Dawuk dan Trungo bisa terputus.

Jika itu terjadi, maka warga harus memutar dengan jarak yang lebih jauh lagi. Selain itu, juga mengancam rumah yang ada di bawahnya. Diakui pihaknya membutuhkan anggaran yang cukup besar sehingga selain dana desa, akan diusahakan untuk meminta bantuan ke daerah atau pun pusat.

Adapun ketinggian tebing sekitar 12,5 meter, panjang 25 meter, dan lebar jalan sekitar 3 meter. Terkait nasib rumah Pak Siman, sudah masuk dalam program bedah rumah Kementerian PUPR sehingga tinggal menunggu saja.

Saat ini, warga tersebut menempati ruang yang tersisa lantaran tidak mau mengungsi. Untuk keamanan tebing yang retak-retak pasca longsor, sudah ditutupi dengan terpal. (rl/ab)