Tabung Pompa Balon Gas Meledak di Balong, Dua Rumah Rusak Dan Satu Korban Terluka

Warga RT 02 RW 01 Dukuh Krajan Desa Dadapan Balong Ponorogo Senin dini hari dikejutkan dengan suara menggelegar mirip ledakan bom di tengah lelap tidur. Warga yang terbangun kemudian buru-buru mencari sumber suara tersebut. Alangkah kagetnya warga setelah mengetahui sumber ledakan tersebut berasal dari rumah Pak Katimun Bagong yang sehari hari berprofesi sebagai penjual Balon. 


Kuat dugaan tabung pompa helium meledak saat yang bersangkutan mengisi balon, akibatnya sebagian rumahnya porak poranda dari dinding dan pintu jebol serta kamar mandi rusak. Seperti disampaikan Rusmiatin Kepala Desa Dadapan Balong, dimana suara ledakan terdengar cukup jauh bahkan hingga ke tetangga Desa. 

“Iya ledakan nya sangat kenceng”  terangnya kepada gema surya Senin (12/02).

Informasi yang diterimanya, warganya itu sedang menerima pesanan sekitar 50 balon, sehingga tengah malam sudah harus mengisi puluhan balon tersebut dengan gas helium. Dimungkinkan, saat mengisi mengalami over hingga akhirnya timbul ledakan.

“Kan itu ada pesanan, pak katimun bagong itu kan jualan balon, kebetulan kan ada pesanan 50 bijian, semalem sekitar jam 2 itu, dia kan ngisi karena ada pesanan itu, (saat pengisian) tabunya itu bunyi kretek-kretek, akhirnya meledak itu” tambahnya.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu namun korban mengalami luka-luka dibagian wajah, dapun luka dibagian wajah korban karena terkena pecahan mesin cuci yang kena ledakan. 

“Dia (pak katimun) mengalami luka ringan aja di, apa itu mungkin kena percikan mesin cucinya itu kan juga hancur, semua hancur, mesin cuci hancur, pintu rumah sebelah juga hancur, na di mukanya itu, mungkin kena mesin cuci itu” pungkasnya. 

Tak hanya rumah dan mesin cuci, dinding dan pintu rumah adiknya yang berjarak 5 meter dari lokasi ikut rusak sehingga kerugian diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah.