Jelajah

CJH Ponorogo Tahun Uni, Termuda 22 Tahun dan Tertua 109 Tahun

Dari 618 calon jamaah haji asal Ponorogo yang akan berangkat ke tanah suci, satu jamaah haji berusia 109 tahun, yakni Hardjo Mislan, warga Desa Bedingin, Kecamatan Sambit.

Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Ponorogo, Marjuni, memperkirakan kakek Hardjo merupakan jamaah tertua bukan hanya di Kabupaten Ponorogo tapi di Jawa Timur.

Namun begitu, meski tertua, kondisi Hardjo Mislan sehat, bahkan tidak menggunakan kursi roda, tetapi membawa alat bantu tongkat serta didampingi oleh keluarganya. Sementara yang termuda adalah Hanif Ardiya Hasna berusia 22 tahun.

Jemaah termuda tersebut berasal dari Kelurahan Kertosari, Kecamatan Babadan. Marjuni mengungkapkan diperkirakan yang usia muda ini merupakan pelimpahan dari keluarganya.

Sekedar informasi, Calon jamaah haji Ponorogo terbagi dalam 2 kloter, yaitu 19 dan 20 embarkasi Juanda Surabaya. Mereka berangkat dari bumi Reog pada 15 Mei 2024, Kloter 19 pada pukul 02.00 WIB dan kloter 20 pada pukul 07.00 WIB. (yd/rl/ab)