Jelajah

2 Incumbent Lolos 10 Besar Calon Komisioner KPU

Sepuluh besar nama calon komisioner KPU Kabupaten Ponorogo telah diserahkan pansel kepada KPU Jatim dan KPU RI Sabtu (27/4). Berdasarkan data yang diperoleh Radio Gema Surya, satu incumbent komisioner KPU Kabupaten Ponorogo atas nama Ali Mahfud tidak lolos 10 besar, sedangkan dua incumbent komisioner lainnya atas nama Arwan Hamidi dan Gaguk Ika berhasil lolos 10 besar.

Syarif Thoyib, Ketua Pansel bakal calon anggota KPU kabupaten/kota kelompok 6 yang meliputi KPU Jombang, KPU Trenggalek, KPU Madiun, KPU Kota Madiun, KPU Magetan, KPU Ponorogo, KPU Ngawi, dan KPU Pacitan, mengakui sudah menyerahkan sepuluh besar nama calon komisioner KPU Kabupaten Ponorogo kepada KPU Jatim dan KPU RI, sehingga tugas dari pansel selesai akhir April 2024.

Masih menurut Syarif, seleksi terakhir dilakukan saat tes kesehatan dan wawancara dengan pansel satu minggu yang lalu. Menurutnya, baik incumbent maupun peserta lainnya memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi komisioner KPU Kabupaten.

Nantinya, sepuluh besar nama calon komisioner KPU Kabupaten Ponorogo akan melakukan fit dan proper test dengan KPU RI dan KPU Jawa Timur yang diperkirakan akan dilaksanakan pada akhir Mei 2024.

Syarif mengungkapkan diperkirakan pelantikan lima komisioner KPU Kabupaten periode 2024 – 2029 akan dilakukan pada tanggal 13 Juni 2024. (yd/rl/ab)