Jelajah

Rumah di Pandak Balong Ambruk Karena Lapuk, Kerugian Puluhan Juta

Akibat lapuk termakan usia serta hujan terus menerus, sebuah rumah milik warga Desa Pandak, Balong ambruk. Beruntung sang pemilik sedang tidak berada didalam bangunan sehingga tidak sampai menimbulkan korban jiwa.

Seperti disampaikan Sirnan Lurah Pandak, Balong, yang ambruk rumah milik Sujarno yang beralamat di RT04/RW 02 Dukuh Kates, Desa Pandak.

Kejadian terjadi pada Sabtu (6/1) sekitar pukul 23.00 WIB, dimana ambruknya bangunan berukuran 6 x 12 meter itu karena usianya yang sudah tua dan kayunya yang lapuk sehingga tidak kuat menahan beban.

Sirnan mengatakan, bagunan rumah tersebut menyisakan temboknya saja. Dimana sebenarnya sempat ada tanda seperti kayu lapuk namun karena keterbatasan ekonomi sehingga belum bisa memperbaiki. 

Saat kejadian istri beserta anaknya berada di bagian rumah yang lain, sementara Sujarno sedang keluar rumah. Ambruknya bangunan sempat menimbulkan suara gemuruh yang mengagetkan warga sekitar hingga berdatangan untuk melihat.

Meski rumahnya ambruk, beruntung masih ada bangunan lain yang bisa ditempati. Dimana rumah yang ambruk ini hanya digunakan sebagai tempat penyimpanan barang-barang seperti lemari rusak tertimpa, kerugian ditaksir mencapai Rp50 juta.

Untuk meringankan beban, pihak desa dan kecamatan melakukan kerja bakti pembersihan, serta upaya pembangunan kembali rumah untuk meringankan beban warganya tersebut. (ik/ab)