HeadlineJelajah

Pemkab Wacanakan Jalan Gajah Mada Satu Arah

Pemkab Ponorogo wacanakan Jalan Gajah Mada Ponorogo akan dibuat satu arah. Jalan sepanjang 600 meter akan dibuat satu arah ke barat. Pasalnya jalan tersebut macet di jam-jam tertentu.

Seperti yang dikatakan Sugiri Sancoko Bupati Ponorogo, wacana tersebut saat ini masih dalam tahap pembahasan oleh Dinas Perhubungan (Dishub) dan Satlantas Polres setempat.

“Dalam perencanaan, kemarin kan kami sudah mengundang bapak Kasatlantas untuk mengkaji bersama-sama,” kata Kang Giri ketika ditemui.

Beberapa waktu lalu mereka melakukan kajian terhadap rencana perubahan dua menjadi satu jalur tersebut. Termasuk menentukan arah laju kendaraan rencananya, dibuat satu arah dari timur ke barat nyambung seperti Jalan Jendral Sudirman.

Selain Jalan Gajah Mada, perubahan jalur rencananya juga dilakukan Kang Giri pada ruas Ahmad Dahlan dan Jalan Sultan Agung. Mengikuti rute, nantinya Jalan Ahmad Dahlan bakal menjadi satu jalur dari Pasar Legi menuju Jalan Sultan Agung dan lanjut ke perempatan Tonatan.

Kang Giri mengungkapkan kajian perubahan rute juga dilakukan pada ruas Jl. HOS Cokroaminoto, dari sebelumnya utara menuju selatan, nantinya bakal berbalik dari selatan ke utara.

Untuk penerapannya pihaknya belum bisa pastikan kapan diberlakukan, mungkin pertengahan atau akhir tahun. Rencana tersebut kata Kang Giri, diharapkan mampu mengurai kepadatan lalu lintas sejumlah titik saat ini. Dan tentu untuk meratakan pertumbuhan ekonomi.

Harapannya seiring meratanya laju kendaraan setiap ruas bakal mendongkrak kunjungan ke setiap tempat usaha masing-masing jalur. (yd/ab)