Damkar Evakuasi Ular Sanca Sepanjang 3 Meter di Rumah Warga Bajang Mlarak

Suasana malam di Dusun Jetak Bajang, Kec. Mlarak, Kabupaten Ponorogo, yang semula hening mendadak heboh. Masalahnya, di dapur rumah salah satu warga bernama Muhadi, ditemukan seekor ular sanca berukuran kaki orang dewasa, tengah mendesis-desis di bawah rak.


Tentu saja keberadaan ular tersebut membuat ketakutan penghuni rumah dan semburat lari ke luar rumah. Warga sekitar yang sebagian sudah terlelap tidur, ikut terbangun. Lantaran tidak ada yang berani menangkap, akhirnya menelpon pihak Damkar untuk mengevakuasi ular dengan panjang 3 meter tersebut.

“Pukul 22.00 WIB, kami menerima laporan dari warga Bajang, Mlarak. Melaporkan ada ular sanca yang cukup besar panjangnya 3 meter masuk ke dalam rumah warga,” kata Bambang Supeno, Kabid Damkar dan Penyelamatan Satpol PP.

Pihaknya harus menerjunkan 4 anggota Damkar untuk membantu menangkap ular sanca tersebut. Pihaknya sempat kesulitan, ketika ular yang akan dievakuasi ternyata sempat melilit di kaki rak. Namun, dengan peralatan yang dimiliki, ular itu pun bisa ditangkap 30 menit kemudian.

“Dibawa ke Mako, tapi ini oleh anggota ada yang mau dipelihara oleh temen-temen, tapi kalau misalnya terlalu banyak dilepaskan ke hutan,” imbuhnya.

Dikatakan, dalam seminggu terakhir pihaknya sudah menangani 2 kasus ular yang masuk ke dalam rumah warga. Sebelumnya, Damkar juga menangkap ular di rumah salah satu warga Demangan Siman. Ular-ular hasil tangkapan tersebut, dibawa ke Mako Damkar. (ii/ab)