Jelajah

Kebakaran Kandang Ayam di Karangpatihan Balong, 13 Ribu Ekor Ayam Terpanggang

Kandang ayam berisikan 13.000 ekor ayam hangus terbakar di Karangpatihan Balong pada Selasa 07 November 2023. Api diketahui sudah berkobar hebat pada jam 03.00 WIB. Kapolsek Balong AKP Agus Wibowo menjelaskan jika api pertama kali diketahui oleh pemilik yakni Mbah Nyamut. Sayangnya ketika tahu ada kebakaran, api sudah membesar menghanguskan kandang dengan ukuran 10 x 51 m tersebut. 

Dua pekerja kandang tersebut juga berusaha memadamkan namun gagal. Diduga titik api muncul dari tabung gas bocor yang biasa digunakan untuk pemanas kandang. Dari kasus ini pemilik kandang mengalami kerugian hingga 1 Milyar lebih.Masih kata Kapolsek, kandang tersebut sebenarnya terbuat dari alumunium namun disekat menggunakan terpal. Menurut keterangan pemilik, kandang itu terdiri dari dua lantai dan didalamnya berisikan 13.000 anakan ayam yang masih berusia 13 hari.

Dari total isi kandang, 90 percent hangus terbakar, sementara lainya berhasil melarikan diri keluar kandang. Jika di total kerugian isi kandang dan pakan yang terbakar sekitar Rp 300 juta. Sementara untuk bangunan kandang mencapai 1 Milyar. Hal tersebut lantaran di dalamnya terdapat banyak alat seperti pemanas kandang dan blower. Belum lagi kontruksi kandang sebagian belum lama dibangun menggunakan alumunium.

Diketahui sebenarnya kandang tersebut, lanjut Kapolsek, dijaga oleh 2 pekerja. Setiap malam tidur di gudang dekat kandang. Sebelumnya sempat ada kejadian serupa yakni tabung gas bocor dan menimbulkan api namun bisa segera diketahui dan dipadamkan oleh pekerja.

Sementara itu, terpantau Damkar menurunkan 4 mobil pemadam kebakaran untuk mengendalikan si jago merah. Bambang Supeno Kabid Damkar Ponorogo mengatakan proses pemadaman memakan waktu yang lama yakni 4 jam, karena area yang terbakar luas. Ditambah lagi ketersedian air juga jauh dan bagian bawah kandang adalah sekam. Setidaknya 28.000 L air dibutuhkan untuk memadamkan api.