Rekor, Sehari Tim BPBD Makamkan 10 Jenazah Pasien Covid-19

Rabu (28/4/21) kemarin, Kabupaten Ponorogo pecah rekor warga yang meninggal dunia karena Covid-19. Setidaknya dalam sehari saja, tim BPBD Ponorogo harus memakamkan 10 pasien jenazah Covid-19 sesuai protokol kesehatan.


Setyo Budiono, Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Ponorogo mengatakan, pada tanggal 1 April pihaknya memakamkan 8 jenazah pasien Covid-19, lalu pada tanggal 5 April 9 jenazah. Angkanya bertambah Rabu (28/4/21) kemarin 10 jenazah pasien Covid-19. Angka tersebut  merupakan tertinggi selama ditetapkan pandemi sehingga harapannya tidak akan ada kenaikan lagi.

Di bulan April ini pihaknya sudah memakamkan 119 jenazah Covid-19. BPBD Ponorogo yang mengurusi pemulasaran jenazah Covid-19 hanya 3 tim. 1 timnya hanya 7 orang. Sehingga dalam sehari harus memakamkan 10 jenazah Covid-19 disinyalir kewalahan karena personil terbatas.

Lanjut Setyo Budiono, setiap kali pemakaman estimasi waktu juga berbeda beda tinggal jarak jauh dekatnya. Dan tergantung kondisi geografis tanahnya untuk pemakaman. Pihaknya sangat prihatin dengan masih adanya jenazah Covid-19 apalagi setiap hari terus bertambah. (rl)