Sidak ke Pasar Legi, Gubernur Jatim Tak Temukan Migor Merek Minyakkita

Sidak gubernur jawa timur Khofifah Indar Parawansa ke pasar Legi Ponorogo Selasa pagi, 4 April 2023, dibuat kaget dengan menghilangnya minyak goreng merk Minyakkita. Migor bersubsidi tersebut stok nya sudah kosong lantaran setiap dipajang pedagang langsung habis diserbu pembeli sehingga hanya bertahan sehari pasca dipasok distributor.


Kepada wartawan orang nomor satu di Pemprov Jatim itu juga menyayangkan pembelian minyakkita dengan persyaratan harus membeli produk lainnya. Karenanya minta Pemkab turun tangan dengan menjaga ketersediaan barang, bukan hanya minyak goreng saja tapi juga bahan kebutuhan pokok lainnya.

Caranya dengan rajin melakukan pengawasan, pengecekan ke pasar- pasar daerah. Sementara itu, hasil pantauannya ketersediaan dan harga bahan pokok jelang idul fitri, dinilainya masih aman dan terjangkau masyarakat.

Misalnya harga beras medium masih sesuai dengan harga eceran tertinggi ( HET) yakni Rp 10.400 per kilogram. Beras premium pun masih dibawah HET yakni Rp 12 ribu per kilogram. Harga daging sapi per kilogram Rp 120 ribu jauh di bawah HET.

Harga telur Rp 26 ribu dibawah HET Rp 27- 28 ribu. Harga cabai-cabai misalnya cabai rawit , cabai keriting normal. Harga bawang merah pun normal.

Sementara itu Sugiri Sancoko bupati Ponorogo mengatakan dirinya telah dihubungi oleh Dirjen perdagangan untuk menyediakan atau perusahaan daerah untuk repacking minyakkita agar persedian ada.

Diakui Sugiri, beberapa distributor memang pembelian minyakkita dengan paket barang lain. Pasalnya untuk menyiasati agar tidak cepat habis persediaan minyakkita. Karena permintaan minyakkita lumayan tinggi sedangkan stok cepat habis dan pengiriman agak terlambat.

Pantauan jurnalis radio gema surya mantan menteri sosial era presiden Joko Widodo sempat membeli sayur-mayur, daging, ikan laut, pisang dan beras.