Jelajah

Bedah Rumah BSPS Kementerian PUPR Sasar 32 Rumah Tak Layak Huni di Karangpatihan Balong, Lebaran Bisa Ditempati

Lebaran, puluhan keluarga tidak mampu di desa Karangpatihan Balong, akan menempati rumah baru. Ini setelah mereka mendapatkan program bedah rumah dari bantuan stimulan perumahan swadaya – BSPS kementerian PUPR.

Kepala desa Karangpatihan Balong, Eko Mulyadi mengatakan sedikitnya ada 32 rumah yang sebelumnya tidak layak huni, akan dibedah dan diperbaiki menjadi rumah yang layak untuk ditinggali. Hingga saat ini pembangunannya nyaris rampung, sehingga lebaran nanti diharapkan bisa ditempati.

Dijelaskan BSPS dari kementerian PUPR nilainya Rp 20 juta per unitnya dengan rincian 75 persen diwujudkan dalam bentuk barang dan 25 persen untuk tenaga kerja.

Disinggung apakah nilai bantuan itu cukup, kata Eko, selama ukuran rumah kecil, tak masalah. Tapi jika ukurannya luas, pemerintah desa dan lingkungan sekitar yang akan membantu berswadaya. Apalagi yang menerima bantuan rata-rata, warganya yang memiliki keterbatasan fisik.

Sejauh ini sudah ada ratusan rumah tidak layak huni yang ada di wilayahnya mendapatkan bantuan bedah rumah sejak tahun 2014 lalu, dan tinggal menyisakan puluhan saja. Dengan target tahun depan masuk dalam usulan dan mendapatkan prioritas bantuan kembali.

Lanjut Eko, secara kasat mata dikatakan rumah tak layak huni jika dindingnya masih terbuat dari bambu dan berlantaikan tanah.