Jelajah

Tekan Harga Beras di Pasaran, Bulog Gencar Salurkan SPHP dan Bantuan Pangan

Bulog Ponorogo terus menggencarkan penyaluran beras SPHP ke pasar-pasar maupun ritel modern. Targetnya bisa menekan harga beras di pasaran agar tidak semakin melambung tinggi.

Aan Sugiharto, pimpinan cabang – Pinca Perum Bulog Ponorogo mengatakan, mulai kemarin sudah digelontor sekitar 27 ton beras dan akan terus dilakukan seoptimal mungkin. Bahkan hari Sabtu yang biasanya libur, pihaknya akan tetap membuka pelayanan.

Selain beras SPHP, pihaknya juga siap menyalurkan bantuan pangan melalui Cadangan pangan pemerintah – CPP dimana ada sekitar 1000 ton yang akan disalurkan selama satu pekan. Kedua program tersebut lanjut Aan, merupakan kegiatan pararel yang diyakini bisa menyetabilkan harga beras bahkan kalau bisa membuat harga beras turun tapi tetap menguntungkan petani,pedagang dan juga konsumen.

Pantauannya, sudah ada beberapa daerah yang panen raya sehingga harga gabah ditingkat penggilingan juga berangsur angsur turun hingga Rp 200 per kg nya. Saat ini banyak ritel modern yang ikut antri daftar menjadi mitra Bulog agar bisa menyalurkan SPHP. Sudah ada 100 mitra Bulog yang terdaftar saat ini baik pedagang di pasar maupun ritel modern.