Jelajah

Putus Jarak Waktu, KUA Sawoo Transformasi Manual Ke Digital Melalui Layanan Aplikasi

Faktor geografis di wilayah Sawoo dimana banyak warga tinggal di daerah pegunungan dan jauh dari pusat layanan publik, mendapatkan perhatian serius dari kantor urusan agama (KUA) Kecamatan Sawoo, karenanya KUA Sawoo meluncurkan aplikasi yang diberi nama KUA Sawoo smart pada 11 november 2023 dimana transformasi digital itu meliputi layanan daftar nikah, bimbingan perkawinan, bimbingan zakat dan infak hingga legalisir fotocopy buku nikah. 

Seperti disampaikan Meky Hasan Kepala KUA Sawoo, aplikasi KUA sawo smart tersebut dinilai bisa memutus jarak tenaga dan waktu, pasalnya cukup rebahan dirumah, warga yang menginginkan layanan di KUA bisa tertangani dengan baik, tidak perlu jauh datang ke kantor bagi masyarakat yang ingin mendapatkan pelayanan.

Mengenai sosialisasinya kata meky pihaknya memasang banner di tempat-tempat strategis, seperti warung makan, pasar, selain juga mensosialisasikan langsung kepada masyarakat. Masyarakat yang mempunyai Hp android bisa mendownload aplikasinya di playstore, dan cukup scan barcode yang ada di banner untuk memulai menggunakan aplikasi tersebut.