Jelajah

Harjo Mislan Calon Jamaah Haji Tertua, Ingin Pergi Haji Setelah Umroh Tahun 2017

Calon jamaah haji tertua Harjo Mislan (109) asal Bedingin Sambit tampak sumringah ketika pengambilan koper di salah satu Kelompok bimbingan ibadah haji dan umroh (KBIHU) pada Sabtu pagi (04/05), dengan usianya sekarang diperkirakan ia merupakan jamaah haji tertua asal Ponorogo dan juga Indonesia, dimana selain pengambilan koper, kakek Mislan juga aktif dan antusias mengikuti ek tes kesehatan,  yang dilakukan oleh KBIHU.

Sirmad yang merupakan anak ke dua kakek Mislan kepada wartawan mengatakan bahwa keinginan bapaknya untuk pergi haji ini muncul, setelah umroh di tahun 2017. Saat itu kakek Harjo Mislan pergi Umroh bersama dengan kakaknya dan setelahnya mengutarakan keinginan untuk pergi haji, sehingga pada 2019 didaftarkan. 

“Didaftarkan pada tahun 2019 dan masuk prioritas karena usia” katanya kepada wartawan. 

Menurutnya karena faktor usia sehingga oleh kementerian agama memperoleh prioritas pada tahun ini, meski sempat ada kendala pada kesehatan yang dialami kakek 7 anak 15 cucu dan 2 cicit ini. 

“Cek up kesehatan kemarin sedikit agak tertunda karena ada pembengkaan jantung, tapi Alhamdulillah dengan sedikit pengobatan, lancara” tambahnya.

Sementara itu selain sebagai petani, kakek Harjo Mislan ini ternyata juga seorang veteran, dan untuk menjaga kebugaran badan sebelum berangkat ke tanah suci bapaknya tersebut selalu beraktivitas di sawah dan senam.

“Pekerjaan bapak itu selain petani juga anggota veteran mas” tambahnya.

Sementara itu kepada wartawan kakek Harjo Mislan mengaku dirinya senang bisa berangkat haji tahun ini, dimana dalam ibadahnya nanti ia akan ditemani oleh anaknya. 

“Alhamdulillah (kondisi) sehat, olahraganya geh senam lan nopo mawon, lari cepat nggeh saget, pekerjaane tani” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *