Trenggiling sebesar 4 Kg Ditemukan di Desa Sahang Ngebel dengan Kondisi Terluka

Warga Dusun Melikan, Desa Sahang, Ngebel Ponorogo digegerkan dengan penemuan trenggiling seberat 4 kg. Pertama kali yang mengetahui adalah  Fajar Rahardjo warga desa setempat, dimana hewan pemakan serangga tersebut bersembunyi di semak belukar dengan kamar mandi rumahnya.


Kepada wartawan Fajar mengatakan, berawal dari istrinya yang teriak minta tolong lantaran melihat hewan bersembunyi dibalik semak belukar, ketika hendak mandi.

Saat didekati dikiranya ular namun ternyata trenggiling. Tapi sayang kata fajar, hewan mamalia ditemukan dalam kondisi terluka. Diduga hewan yang memiliki panjang 60 cm terluka di bagian ekor ini akibat gigitan hewan buas di lereng gunung Wilis.

Saat ini Trenggiling masih disimpan di rumahnya untuk diserahkan ke BKSDA. Pihak BKSDA pun sudah datang ke rumah untuk melakukan pengecekan. Penemuan trenggiling di lingkungannya ini merupakan yang kedua kali. Sebelumnya juga pernah ditemukan yang lebih besar namun kembali di lepas di alam liar.

Seperti diketahui, trenggiling merupakan hewan yang dilindungi dalam status kritis atau critically endangared. (yd/rl/ab)