Jelajah

Sehari Free HTM Telaga Ngebel, Pemkab Kehilangan PAD 10 Juta Rupiah

Para pengunjung di wisata telaga Ngebel Ponorogo, Ahad 5 November 2023 dibikin senang. Bagaimana tidak jika mereka tidak dikenai HTM sehingga bisa masuk obyek wisata telaga tanpa harus mengeluarkan uang.

Hal tersebut diakui Judha Slamet Sarwo Edi, Kepala Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora), dimana free tanpa dikenai tiket masuk selama sehari.

“Minggu (5/11) kemarin, mulai pagi ada gangguan pada sistem. Endingnya kita tidak bisa ngeprint tiketnya,” sambungnya. 

Hanya saja kebijakan tersebut bukan kesengajaan karena ada promosi melainkan adanya gangguan sistem. Server untuk tiket online ada gangguan sementara pihaknya tidak menyediakan tiket manual. Alhasil diambil kebijakan bebas masuk tanpa HTM sambil ada perbaikan sistem.

Akhirnya Senin (6/11), gangguan server bisa diatasi dan HTM sudah diberlakukan lagi.diakui jika akibat tidak ada HTM telaga Ngebel. Pemkab kehilangan pendapatan minimal Rp10 juta rupiah sehari.

“Ini diluar jangkauan kita, karena ada kerusakan sistem servernya rusak. Semalam kita benahi dan hari ini Senin (6/11) sudah bisa digunakan,” imbuhnya.

Karenanya antisipasi kejadian tersebut tidak terulang akan dipersiapkan lagi tiket manual disertai berita acara. (rl/ab)