Jelajah

Instagram Warga Babadan di Hack, Modus Tawarkan Jasa Pelacakan Kendaraan

Nasib apes dialami Imam warga Trisono Babadan Ponorogo yang harus kehilangan akun media sosialnya lantaran di “Hack” orang yang tidak bertanggung jawab. Tak hanya itu, akun medsosnya tersebut digunakan untuk aksi tipu-tipu, bahkan meminta uang tebusan Rp200.000 melalui DM yang dikirim pelaku ke Akunya yang lain, agar akun instagramnya tersebut bisa kembali. Tak ingin akunya digunakan sebagai tindak kejahatan, ia menuruti permintaan pelaku meski sampai saat ini akun tersebut tak kunjung dikembalikan.

Menurut Imam, akun instagramnya tersebut sudah di Hack sejak 1 tahun yang lalu, ia tau akun instagramnya di Hack dari notifikasi login yang masuk ke HPnya.

“Saya kan buka IG seperti biasa, kayak membuka-membuka link gitu, terus sudah malam, keluar dari IG tidur, besoknya ada pemberitahuan perangkat lain masuk ke akun anda” kata imam kepada gema surya Sabtu(18/05).

Saat itu dirinya tak menaruh curiga, lantaran pasangan nya juga mengetahui, dan menggunakan akun tersebut sehingga dibiarkan. Namun ternyata bukan pasangan melainkan akun Instagramnya dibajak orang lain .

“Saya kira pacar saya, jadi saya biarin, terus beberapa lama teman saya ada yang wa (menanyakan)”

Dari informasi itu dia mendapati bahwa akun instagramnya saat ini  digunakan untuk membuka jasa pelacakan kendaraan yang hilang, meski besar kemungkinan hal tersebut juga fiktif alias penipuan. Dirinya pun meminta teman-temannya untuk mereport akun Instagram tersebut, agar dilakukan pemblokiran, sembari kembali menegaskan bahwa akun tersebut bukanlah atas kendali dirinya.