Jelajah

Mulai 1 September Harga Beras SPHP Naik, Bulog Optimis Tak Pengaruhi Permintaan

Harga beras Program Stabilisasi Pasokan dan Harga PanganĀ  (SPHP) di wilayah Ponorogo ikut naik sejak 1 September 2023. Harga pengambilan beras SPHP dari Gudang Bulog yang semula Rp 8.300/kg menjadi Rp 9.500/kg, yang berpengaruh pada kenaikan Harga Eceran Tertinggi (HET) di tingkat konsumen sebesar Rp 10.900/kg.

Pimpinan Cabang Bulog Sub Divre Wilayah 13 Ponorogo, Aan Sugiarto mengatakan, kenaikan tersebut menyesuaikan surat dari Badan Pangan Nasional (Bapanas) pada akhir Agustus 2023 lalu. Perum Bulog hanya sebagai operator kebijakan sehingga ia tidak mengetahui penyebab pasti kenaikan beras SPHP. Sebelumnya HET beras SPHP hanya Rp 9.450/kg sehingga kenaikannya lebih dari Rp 1000.

Pihaknya menjamin tidak akan mengurangi minat konsumen yang menginginkan beras medium dengan harga terjangkau, karena harga beras di pasaran sudah diatas HET yang telah ditetapkan pemerintah.

Menurutnya, Bulog akan terus menyuplai beras SPHP di 3 pasar daerah di Ponorogo bahkan frekuensi pengirimannya ditambah dari satu pekan sekali menjadi dua kali. Selain itu pihaknya juga meluncurkan program bantuan pangan berupa penyaluran beras gratis kepada warga miskin.