Jelajah

3 Dukuh di Desa Wates Slahung Dilanda Krisis Air Bersih, Joso dan Krajan Tengah Terparah

Sejumlah dukuh di Desa Wates Slahung Ponorogo sudah dilanda krisis air bersih dimusim kemarau ini. Sumber air di wilayah tersebut mulai mengering sehingga untuk air minum saja kesulitan.

“Wates itu ada dua dukuh, namun hanya sebagian kecil. Dukuh Joso sama Krajan Tengah. Dukuh Joso 3 RT, Dukuh Krajan Tengah 3 RT,” kata Kepala Desa Wates Slahung, Suyadi saat dihubungi RGS FM.

Dengan rincian, di Dukuh Bedog ada satu RT, Dusun Joso 3 RT, dan Krajan Tengah 3 RT dengan jumlah warga diatas 100 KK. 3 wilayah itu setiap tahun selalu menjadi langganan kekeringan, dimana bulan Agustus sudah mengeluhkan sulit mendapatkan air bersih.

Beruntung Pemkab bertindak cepat, dimana Kamis (7/9) akan ada bantuan droping air bersih masing masing akan disuplai 5.000 liter. Pihaknya sudah menyiapkan tandon atau penampungan air sehingga warga terdampak bisa langsung mengambil sesuai kebutuhan mereka.

Sejauh ini, bantuan air yang didapat digunakan untuk kebutuhan minum dan memasak. Untuk cuci baju dan mandi, warga rela mencari sungai yang lokasinya cukup jauh dari tempat tinggal. (rl/ab)