Jelajah

Mendekati Detik-Detik Terakhir Peserta Festival Reog Remaja Belum Penuhi Target

Jumlah peserta festival reog remaja dalam event grebeg suro 2023 sepi peminat. Buktinya berdasarkan catatan, dari target 32 peserta, baru ada 18 peserta yang mendaftar. Padahal saat ini sudah mendekati detik-detik terakhir penyelenggaran dimana akan digelar mulai tanggal 10 hingga 13 Juli 2023.

Minimnya jumlah peserta tersebut ternyata sudah diprediksi oleh Yuda Slamet Sarwo edi Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Ponorogo (disbudparpora), Selain karena baru digelar pertama kali, ternyata Tidak semua sekolah tingkat menengah di Ponorogo punya group reog, sehingga pihaknya punya tugas berat untuk lebih mempopulerkan reog, apalagi kalau nanti reog sudah tercatat sebagai budaya tak benda UNESCO, maka mau tidak mau Pemkab harus berupaya keras agar reog lebih dikenal.

Dijelaskan, setelah festival reog mini diganti menjadi festival reog remaja, pihaknya berencana untuk menggelar festival reog anak-anak yang waktunya akan digelar bersamaan dengan hari anak Nasional, tidak bersamaan dengan perayaan Grebeg Suro. Sebagai salah satu cara agar ada regenerasi, dan Ponorogo tidak kekurangan seniman reog.