Jelajah

Eskavator dan Bulldozer di TPA Mrican Sering Rusak Pemkab Wacanakan Pembelian Tahun Depan

Excavator dan Bulldozer di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Mrican sering rusak hingga akibatnya tumpukan sampah di Tempat Pembuangan Sementara (TPS) tertunda diangkut. Terbaru pada Sabtu 28 hingga 30 Oktober rusak kembali, sehingga alat yang lama maupun baru yang merupakan hasil sewa, sama-sama mengalami kerusakan.

Seperti disampaikan Gulang Winarno Kepala Dinas Lingkungan Hidup Ponorogo kepada gema surya Senin (30/10), kebutuhan alat berat di TPA Mrican sudah darurat, dimana pada tahun 2024, Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko menjanjikan membelikan 1 alat berat baru untuk TPA Mrican.

Gulang mengatakan alat yang digunakan saat ini usianya sudah tua, sehingga sering rusak. Padahal setiap harinya harus bekerja mengeruk 70 ton sampah yang masuk ke TPA Mrican, dengan jumlah itu Idealnya harus ada 2 hingga 3 alat berat, supaya kinerja bisa maksimal.

Tidak dipungkiri, lanjut Gulang, ketika ada kerusakan alat sudah hampir bisa dipastikan sampah di TPS akan menumpuk karena proses pengangkutan ke TPA terhenti sementara, Bau busuk dan pemandangan yang tidak sedap sudah pasti menjadi permasalahan tersendiri.