AdvertorialJelajah

Musim Kemarau, Jumlah Pelanggan Air PDAM Terus Bertambah

Jumlah pelanggan PDAM terus bertambah di musim kemarau ini. Perusahaan Air Minum Daerah itu melayani ratusan pengajuan jaringan baru setiap bulannya.

Kondisi itu kata Lardi Direktur PDAM Ponorogo, jauh berbeda dengan saat musim hujan dimana tiap bulannya hanya sekitar 15 pelanggan saja yang mengajukan, kini sehari bisa sekitar 12 pelanggan.

“Ini juga mengagetkan juga, satu hari ada yang daftar 12 orang. Biasanya kita satu bulan bisa 12 sampai 20 pelanggan. Kemarin dalam dua hari terakhir hampir 22 orang yang daftar,” kata Lardi ketika dihubungi melalui sambungan telepon Kamis, (9/11).

Juni hingga Oktober, pihaknya sudah melayani sekitar 1.200 pelanggan baru. Kata Lardi, penambahan pelanggan baru PDAM karena tertarik ada program promo sambungan rumah murah air minum perkotaan, juga karena musim kemarau.

“Kalau di kemaraunya saja, karena kita tahun ini sudah memasang kurang lebih 1300-an pelanggan. Jadi musim kemarau yang kita hitung bulan juni sampai sekarang hampir 1200-an pelanggan,”

Banyak rumah yang sumurnya kering sehingga mau tak mau harus beralih ke PDAM. Menurutnya, semestinya warga memiliki dua sumber air yakni sumur dan PDAM. Sehingga ketika salah satu tidak berfungsi masih ada cadangan lainnya sehingga tidak bingung.

Lebih lanjut dikatakan, secara kualitas air PDAM dipastikan lebih terjamin keamanannya dibanding sumber air lainnya di perumahan warga.

“Setiap bulan kita lab kan baik air di pelanggan atau air yang kita produksi,” imbuhnya.

Adapun untuk pemasangan baru kata Lardi, sesuai SOP minimal 6 hari setelah pengajuan sudah harus mengalir. Namun begitu pihaknya berupaya memberikan layanan one day service. (rl/ab)