Jelajah

Warga Sumber Tumpuk Terdampak Tanah Gerak, Evakuasi Barang Berharga di Rumah

Karena rumah mereka dipastikan tak bisa ditempati lagi, puluhan KK terdampak tanah retak di RT 01 RW 01 dusun Sumber desa Tumpuk Sawoo, ramai-ramai mengamankan harta benda yang masih tertinggal.

Ada yang membawa perabot rumahnya, ada juga yang membongkar rumah untuk mengambil pintu dan kusen nya lalu dibawa ke lokasi pengungsian. Kabarnya, Rabu 1 Maret 2023, hari terakhir warga  bisa ” Endang-endang “” rumahnya, setelah itu lokasi harus steril dari aktivitas apapun demi keamanan.

Pantauan jurnalis gema surya, evakuasi barang-barang berharga warga itu, dibantu relawan, Polsek dan Koramil. Kapolsek Sawoo, AKP Joko Suseno menuturkan, rumah warga yang terdampak tanah gerak, sudah tidak layak lagi untuk ditempati.

Ada yang bangunannya miring, tembok retak bahkan sampai lantai ubinnya rusak. Ada 25 rumah yang terdampak sehingga barang atau perabotannya harus diselamatkan dan RT 01 RW 01 Dusun Sumber Desa Tumpuk disepakati aksesnya akan ditutup total. Pihaknya sempat mengalami kendala  yakni armada pengangkut barang lantaran hanya tersedia 2 unit.