Jelajah

Beredar Isu Penculikan Anak IGTKI Jamin Siswa Aman Selama SOP Sekolah Diterapkan

Keresahan kalangan orang tua terkait isu penculikan anak di beberapa daerah, disikapi ketua IGTKI Ponorogo, Mukhlas. Menurutnya, selama anak- anak bersekolah, wali murid tak perlu khawatir akan keselamatan putra- putrinya karena setiap lembaga pendidikan sudah memiliki SOP. 

Jika SOP tersebut diterapkan dengan baik, diyakini menjaga anak didiknya dengan maksimal. Selain itu hubungan antara wali murid guru dan sekolah akan terjalin bagus, dimana guru harus mengetahui pengantar ataupun penjemput siswa. 

Begitu juga pengantar dan penjemput harus tanda tangan sehingga selalu bisa diketahui oleh lembaga pendidikan. Andai yang ditugasi menjemput bukan biasanya, maka orang tua harus memberi tahu ke pihak sekolah. 

Lebih lanjut dikatakan, justru yang dikhawatirkan itu, anak-anak yang tidak sekolah dan lemah akan pengawasan orang tua. Sebenarnya, setiap bulan sekali sekolah mengadakan program parenting salah satunya  menginformasikan kepada wali murid agar menyampaikan ke putra-putrinya bagaimana menyikapi orang asing.

Sayang, kegiatan parenting kurang diminati wali murid. Buktinya, setiap ada pertemuan yang hadir hanya 50 persen saja dimana mereka lebih mementingkan mencari nafkah.