Ratusan Pelajar Ponorogo Ajukan Dispensasi Nikah Karena MBA, Ini Pendapat Rektor IAIN

Viralnya berita ratusan pelajar di Ponorogo mengajukan dispensasi nikah karena hamil di luar nikah, membuat miris pemerhati perempuan dan anak di kota reog. Tak terkecuali rektor IAIN Ponorogo Evi Muafiyah, yang ikut angkat bicara terkait fenomena yang seakan menampar dunia pendidikan. 


Kasus tersebut bukan pure kesalahan anak, melainkan orang-orang dewasa terkhusus orang tua. Ayah, ibu, atau anggota keluarga lainnya, kurang meningkatkan komunikasi dan pengawasan sehingga anak-anaknya terlibat dalam pergaulan bebas. Membiarkan putra-putrinya terjerumus dalam gaya pacaran yang kebablasan yang berujung pada “kecelakaan”.

Selain peranan keluarga, peranan sekolah juga sangat penting dimana wajib menciptakan lingkungan yang nyaman dalam belajar. Ada baiknya sekolah  sering- sering mengundang kedua orang tua untuk menjalin komunikasi agar pendidikan yang diterapkan sinkron dengan yang ada di rumah.

Dan juga yang paling penting adanya lingkungan yang ramah anak. Pihaknya prihatin di kalangan masyarakat masih enggan menegur jika melihat  pasangan muda-mudi yang melanggar batas norma agama karena merasa bukan jadi tanggung jawabnya.

Seperti diketahui, ada 191 pelajar di Ponorogo mengajukan dispensasi menikah sepanjang tahun 2022 lalu. Informasi yang didapat gema surya, dari humas pengadilan agama, 50 persen yang mengajukan pernikahan dini lantaran si perempuan sudah hamil duluan. Informasi tersebut sempat mencuat di berbagai pemberitaan nasional dan menjadi viral bahkan trending topik di twitter pada Jumat 13 Januari 2023.