Pemkab Salurkan Bantuan Kompensasi Warga Terdampak Pembangunan MRP Rp 1 Miliar Lebih

Pemkab Ponorogo akhirnya memberikan bantuan kompensasi kepada masyarakat  terdampak pembangunan monumen reog dan museum peradaban di Sampung.  Berdasarkan data ada 123 orang  yang terdampak rata rata bekerja sebagai penambang, penggali dan pembakar batu gamping.


Kepala dinas kebudayaan pariwisata pemuda dan olahraga Slamet Yudha Sarwo Edi menjelaskan, per orang mendapatkan dana kompensasi sekitar 10 juta  rupiah yang langsung dikirim via rekening masing-masing. Bagi yang belum memiliki rekening, petugas dari Bank Jatim turun langsung ke Sampung untuk membantu mereka.

Diakui jika bantuan kompensasi kepada para penambang batu gamping tersebut berdasarkan usulan dari warga terdampak lantaran kehilangan pekerjaan. Pemkab juga tidak akan tinggal diam dengan keberlangsungan nasib mereka sehingga ketika ada permohonan, kemudian dilakukan rapat koordinasi dan akhirnya bisa realisasi.

Harapannya dana sebesar itu bisa menjadi modal agar memulai usaha yang baru,  Apalagi dengan adanya Monumen reog dan museum peradaban, ujungnya nanti juga mensejahterakan warga Sampung, karena ekonomi akan tumbuh dengan destinasi wisata baru di wilayah mereka.

Asal tahu saja, mega proyek monumen reog dan museum peradaban mulai dibangun. Pada Sabtu 11 Maret 2023 lalu,Gubernur Jawa timur Khofifah  Indar Parawansa melakukan groundbreaking menandai dimulainya pembangunan proyek puluhan milyar rupiah tersebut.