Jelajah

ETLE Hanya Sasar Pelanggaran Kasat Mata, Kasus Pelanggaran Pengendara di Bawah Umur Meningkat

Banyaknya pelajar yang terlibat kecelakaan lalu lintas dalam beberapa pekan terakhir akan menjadi evaluasi Satlantas Polres Ponorogo. Pasalnya berbagai upaya sudah dilakukan Polisi, dari sosialisasi terjun langsung ke sekolah- sekolah, razia hingga menambah rambu-rambu lalu lintas di titik rawan lakalantas.

Belum lagi penyediaan angkutan cerdas sekolah – ACS oleh dinas perhubungan. Kanit Kamsel Satlantas Polres, Ipda Abdul Kholik menyampaikan akan berkoordinasi lagi dengan forum lalu lintas upaya apa lagi yang akan dilakukan agar kasusnya bisa ditekan.

Diakui jika saat ini penilangan belum bisa dilakukan secara manual karena belum ada petunjuk dari atas. Pihaknya masih melakukan razia dengan Mobil ETLE dimana hanya menindak pelanggaran yang kasat mata seperti tidak memakai helm.

Dengan tilang manual yang menyasar kendaraan yang dikendarai anak di bawah umur, dirasa efektif mengurangi kasus lakalantas yang melibatkan pelajar. Banyak orang tua akhirnya pilih mengantarkan anaknya yang belum memiliki SIM ke sekolah daripada kena tilang.