HeadlineJelajah

Pilkades Serentak Siap digelar, 8 Desa Diprediksi Rawan Konflik

Kontestasi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Ponorogo tinggal 2 minggu lagi. Setidaknya 8 desa diprediksi berpotensi menimbulkan kerawanan konflik dalam pesta demokrasi tingkat desa tersebut. 

Hal tersebut disampaikan AKBP Catur Cahyono Kapolres Ponorogo, seusai menggelar deklarasi damai Pilkades serentak bersama 58 calon kepala desa. Dari pemetaan yang telah dilakukan sebanyak 23 desa yang menggelar Pilkades, 8 diantara nya rawan konflik sedangkan 15 desa dinilai aman.

Hanya saja tidak disebutkan desa apa saja yang berpotensi memunculkan konflik tersebut, sementara 15 desa yang dinilai aman tersebut lantaran 5 diantaranya, calonnya merupakan pasangan suami istri. Khusus untuk desa yang memiliki kerawanan konflik, sudah ada tambahan personil untuk menjaga kondusifitas dalam setiap tempat pemungutan suara (TPS). Nantinya akan dibantu dengan TNI, Linmas dan Satpol PP.

AKBP Catur menambahkan, bahwa total personil yang disiagakan untuk menjaga gelaran Pilkades serentak tersebut sebanyak 1200 personil termasuk dari satuan Brimob. Nantinya satu TPS ada 2 anggota ditambah TNI, Linmas dan satpol PP