Jelajah

Pengungsi Desa Sriti Mulai Diserang Flu Demam Puskesmas Siapkan Obat Dan Nakes

Puluhan pengungsi di masjid   Al Kholil dukuh Ngemplak desa Sriti Sawoo   mulai mengeluh pusing mual, batuk pilek dan mengalami tekanan darah tinggi . Kondisi itu terungkap saat dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh puskesmas Sawo Rabu siang kemarin .

drg Anita, kepala puskesmas Sawo menjelaskan , gejala sakit yang dirasakan para pengungsi , bukan karena dampak psikologi melainkan karena faktor cuaca .  Hujan seharian membuat ketahanan tubuh terganggu sehingga akhirnya kena batuk pilek dan pusing  . Dari hampir 30 orang pengungsi yang merasakan gejala tersebut tidak lebih dari 50 prosen . Apalagi dari jumlah tersebut  paling banyak adalah lansia yakni sekitar 22 orang, 4 balita dan 2 orang dengan penyakit kronis .

Adapun stok obat obatan , lanjut drg Anita cukup , begitu juga dengan tenaga kesehatan karena pihaknya di bantu puskesmas pembantu .  Dari hasil analisanya , yang dibutuhkan pengungsi masih sembako ,karena ada juga yang mengungsi dirumah saudara yang barang kali belum tercover bantuan . Sebenarnya ada 44 KK yang terdampak bencana tanah longsor dan tanah retak , namun yang ngungsi sekitar 29 KK atau 73 jiwa .