HeadlineJelajah

Badan Pusat Statistik Melakukan Pendataan Regsosek 2022, Ribuan Petugas Diterjunkan

Badan pusat statistik (BPS) akan melakukan pendataan awal registrasi sosial ekonomi (Regsosek) 2022 , yang berlangsung mulai 15 oktober hingga 14 november 2022 .  Pendataan dilakukan terhadap seluruh penduduk indonesia menggunakan basis keluarga/ dimana setelah melakukan pengumpulan data BPS Akan melakukan pengolahan data,  forum konsultasi publik dan diseminasi hasil pada tahun 2023 mendatang .

Seperti yang disampaikan Siswi Hariini kepala BPS ponorogo kepada gema sury, regsosek dilakukan untuk menangkap dinamika perubahan ekonomi di masyarakat, sehingga pertanyaan yang akan diajukan mengenai kegiatan sosial dan ekonomi di masyarakat. Pendataan akan dilakukan oleh petugas dengan mendatangi rumah-rumah warga/untuk menanyakan beberapa variabel seperti pendidikan, kesehatan, pekerjaan, aset dan lain lain.

Di ponorogo sendiri ada 1656 petugas yang akan melakukan pendataan ,  dimana mayoritas petugas ini diambil dari desa setempat untuk memudahkan pengenalan medan dan sosial masyarakat .  Sekitar 313.000 keluarga akan disasar pendataan dimana dalam perjalannya target ini bisa berubah,  menyesuaikan dengan kultur dan sosial serta kondisi di lapangan .

Pendataan akan dilakukan berdasarkan kartu tanda penduduk (KTP), dimana jika dalam 1 rumah terdapat 2 kk yang berbeda alamat kependudukan ,  maka hanya yang ber KTP ponorogo lah yang akan di data, selebihnya akan didata oleh daerah asalnya .

Disinggung mengenai tujuan siswi menambahkan, target program resogsek adalah tercapainya satu data program perlindungan sosial dan pemberdayaan masyarakat ,  sehingga ia mengajak dan berharap kepada masyarakat bisa memberikan data sejujurnya kepada petugas yang datang ke rumah, data akan dijamin keamanannya sehingga masyarakat tidak perlu khawatir terhadap data yang disampaikan .