Jelajah

Warga Jakarta Mengaku Ditipu Warga Ponorogo di Medsos dengan Dalih Tawarkan Jasa Lacak Motor Hilang

Hati-hati dengan tawaran bantuan di media sosial lewat orang tak dikenal, apalagi ujung-ujungnya minta uang. Rahman, warga Jakarta, mengaku ditipu orang yang tak dikenal yang diduga merupakan warga Ponorogo.
Kepada Gema Surya, Rahman menceritakan bahwa berawal dari kehilangan motor Honda Vario B 3182 SWX pada Selasa, 14 Mei 2024 sekitar pukul 21.00 WIB di wilayahnya.
Kemudian, dirinya mempostingnya di media sosial. Tiba-tiba di kolom komentar, ada yang menawarkan jasa melacak motor yang hilang dan memberikan tautan akun di Instagram.
Karena penasaran, akhirnya dirinya menghubungi akun tersebut dan sepakat dengan biaya Rp450 ribu untuk membantu mencarikan varionya yang hilang.
Sebelum sepakat, dirinya sudah mempelajari akun pelaku dari foto profil dan ulasan para pelanggan yang rata-rata barang yang hilang bisa ditemukan kembali.
Pelaku nantinya akan memberikan semacam peta untuk bisa dia lacak. Tapi sayang, ketika semua uang yang diminta ditransfer, semua akun media sosial pelaku diblokir.
Janji untuk memberikan tautan peta juga tidak dipenuhi saat ini. Karenanya, dirinya kembali mengunggah kasusnya di media sosial dengan harapan korbannya tidak bertambah banyak.
Ibaratnya sudah jatuh tertimpa tangga, sudah motornya hilang, ada orang yang masih tega menipunya. (rl/ab)