HeadlineJelajah

Antisipasi KLB DB, Pemkab Akan Tambah 10 Unit Alat Fogging

Sedia payung sebelum hujan. Meski Ponorogo belum terjadi KLB demam berdarah, tapi Pemkab ancang ancang akan menambah alat fogging sejumlah 10 unit.

Bupati Sugiri Sancoko mengatakan, saat ini Dinas Kesehatan sudah memiliki 11 alat fogging dan akan ditambah pengadaan lagi 10 buah.

Dengan rencana penambahan alat fogging tersebut, diharapkan memudahkan petugas dalam menentukan titik-titik daerah yang bakal dilakukan fogging sehingga penanganan lebih cepat.

Diakui meski fogging bukan satu-satunya cara memerangi nyamuk aides agepty. Akan tetapi, setidaknya memberi ketenangan kepada warga.

Selama ini, warganya merasa tenang jika wilayahnya sudah difogging, terutama ketika ada yang sudah terkena DB di lokasi itu.

Kendati begitu pihaknya tetap minta warga memprioritaskan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) melalui gerakan 3M.

Sementara Sekda Agus pramono menambahkan, kegiatan penanganan DBD harus melibatkan beberapa sektor. Karenanya, akan melakukan PSN secara serentak seluruh wilayah Ponorogo pada hari Jum’at nanti (21/1).

Agus Pramono yang juga menjabat sebagai Plt. Kepala Dinkes itu juga akan melengkapi sarana prasarana. Salah satunya dengan secepatnya pengadaan alat fogging. Sesuai perintah dari Bupati Sugiri Sancoko, pihaknya bakal menambah lagi alat fogging minimal 10 buah.

Saat ini alat yang dimiliki Dinkes dan milik organisasi seperti banser, jika dikumpulkan semua ada 16 alat fogging.