Jelajah

12 Gelandangan Pengemis dan Pengamen Diamankan Tim Gabungan Pemkab

Seperti layaknya sineton, razia gelandangan, pengemis, dan pengamen yang dilakukan tim gabungan Pemkab Ponorogo Rabu (19/1/22), diwarnai aksi kejar-kejaran. Bahkan saat akan ditangkap di kawasan Terminal Seloaji ada pengemis wanita yang ancam buka baju di depan petugas.

Hanya saja petugas yang terdiri dari Satpol PP, Dinas Sosial, dan Dinas Perhubungan tersebut akhirnya tetap menjalankan tugasnya sehingga berhasil menangkap  12 orang yang terdiri dari pengemis, gelandangan, pengamen, manusia silver, dan orang minta sumbangan masjid.

Dian Nurhayati Kasi Rehabilitasi Tuna Sosial dan Pelayanan Lanjut Usia Dinas Sosial dan P3A mengatakan razia tersebut merupakan instruksi Bupati Sugiri Sancoko pasalnya banyak keluhan dari masyarakat. Untuk pengemis dan gelandangan, dilakukan pembinaan dengan memanggil keluarganya bila ada.

Namun jika benar benar tidak mempunyai keluarga maka akan dikirim ke panti rehabilitasi yang berada di luar kabupaten Ponorogo untuk dilakukan pembinaan di sana 

Sementara itu tim juga mengamankan orang yang minta sumbangan untuk  masjid di lampu merah Sumoroto karena tidak berizin. Razia dilakukan mulai dari Sumoroto, seputaran kota dan Terminal Seloaji. (yd/rl)