Jelajah

Di Kupuk Bungkal, Gedebog Pisang Dijadikan Cemilan Keripik

Di tangan orang-orang kreatif, ternyata gedebog/debog pisang bisa diolah menjadi cemilan lezat. Dialah Mariam, warga desa Kupuk Bungkal yang menjadikan batang pisang itu, menjadi keripik gedebog. Kepada gema surya, mantan Pekerja Migran Indonesia – PMI ini menceritakan awal tertarik mengolah gedebog menjadi keripik. 

Saat itu, kakaknya sakit maag yang tak kunjung sembuh lalu mendengar informasi gedebog bisa jadi obat lambung. Untuk itu langsung pergi ke kebun untuk mengambil debog pisang kepok. Kemudian dirinya berpikir cara memakan gedebog tersebut dengan rasa enak. Dari situlah akhirnya memberinya bumbu dan tepung lalu di goreng.

Jadilah keripik debog dengan rasa renyah dan gurih ala fried chicken. Ternyata bukan hanya keluarganya yang menyukai tapi juga para tetangga. Lebih lanjut, setelah diceritakan dari mulut ke mulut, permintaan makin banyak hingga saat ini. Sehari bisa menghasilkan 50 bungkus keripik debog.

Untuk bahan baku sendiri sangat mudah  karena dirinya punya kebun pisang dan juga para tetangga sering memberinya debog secara gratis. Pemasarannya selain dititipkan ke supermarket, warung juga dijual online satu bungkusnya 10 ribu rupiah. Yang menarik, teman-teman PMI yang bekerja di Hongkong sering minta dikirimi keripik buatannya.