HeadlineJelajah

2 Warga Di Dukuh Sekayu Desa Gandu Kepuh Harus Ngungsi Setiap Musim Hujan, Karena Rumahnya Tergerus Arus Sungai

Hujan datang, hidup  bu wiji , warga RT 01 RW 01 dukuh Sekayu desa Gandu Kepuh Sukorejo, tidak tenang .  Bagaimana tidak , jika janda yang tinggal   hanya  bersama cucunya itu, harus ngungsi kerumah tetangga  menyusul  rumahnya terancam hilang  tergerus luapan sungai sekayu .  

Informasi yang diterima gema surya dari Suroso,kepala desa Gandu Kepuh, rumahnya mepet dengan sungai dimana sepertiga tanahnya sudah tergerus. Bahkan beberapa waktu lalu, warga gotong royong menurunkan genting bagian dapur .  

Lebih lanjut dikatakan pihaknya sudah mengusulkan ke pemkab  agar sungai tersebut diplengseng namun hingga kini belum ada tindak lanjut .  Padahal , sebenarnya bukan mbah Wiji saja , yang rumahnya tergerus tapi juga rumah mbah Marsupi di RT 01 RW 02 .  Keduanya merupakan janda dengan kondisi ekonomi lemah .  Bahkan bu Wiji  menanggung kebutuhan hidup cucunya yang masih bersekolah SD .  

Pemerintah desa setempat bersama warga , sudah membantu sekuat tenaga , tinggal peran  daerah untuk bisa membantu membuat plengsengan di sungai sekayu agar hidup kedua warganya itu aman dan tenang .