Banyak Masyarakat yang Menanyakan Dosis Kedua, Dinkes Beri Jawaban

Dinas Kesehatan Kabupaten Ponorogo masih menunggu kiriman vaksin Sinovac untuk vaksinasi Covid-19 dosis kedua. drg. Heni Lestari, Kabid Pengendalian Penyakit Dinkes Ponorogo mengungkapkan, saat ini 28 ribu masyarakat sedang menunggu suntikan vaksin untuk dosis kedua. Diperkirakan minggu depan vaksin Sinovac akan dikirimkan lagi namun jumlahnya sedikit dan belum bisa mencukupi kebutuhan dosis kedua.


drg. Heni mengungkapkan, cukup paham saat ini masyarakat sangat menanti pembukaan kembali vaksinasi dosis pertama. Ini dikarenakan banyaknya aktivitas yang membutuhkan persyaratan kartu vaksin minimal dosis pertama.

Misalnya Kamis (19/8/21), Dinkes Ponorogo membuka pendaftaran online dengan kuota 1.200 dosis pertama vaksinasi Astrazeneca. Dalam satu jam, kuota tersebut langsung penuh. Masih kata drg. Heni, untuk membuka gelombang pertama lagi pihaknya masih belum bisa memastikan. Pasalnya untuk dosis kedua Sinovac saja masih kurang 28 ribu sasaran.

drg. Heni menambahkan, ketika vaksin Covid-19 datang, yang diutamakan adalah sasaran untuk dosis kedua. Karena dirinya kasihan kalau rentang waktu antara dosis pertama dan kedua kepada masyarakat terlalu lama. Apalagi banyak masyarakat yang juga menanyakan pelaksanaan vaksinasi dosis kedua.

Namun Dinkes Ponorogo tidak bisa berbuat banyak, pasalnya memang pasokan vaksin dari pusat dan provinsi. Saat ini drg. Heni menyebut capaian vaksinasi Covid-19 dosis pertama di Ponorogo baru 11 persen, sedangkan dosis kedua baru 9,21 persen. (yd/ab)