Hasil Sidang Isbat, Kemenag Memutuskan Idul Adha Jatuh 20 Juli 2021

Berdasarkan hasil sidang isbat yang dilakukan oleh Kementrian Agama RI, tanggal 1 Dzulhijjah jatuh di hari Ahad, (11/7/21). Sehingga bisa dipastikan untuk hari raya Idul Adha jatuh pada Selasa (20/7/21). Informasi tersebut telah dirilis secara resmi melalui siaran pers tertulis.


Hal tersebut juga dibenarkan oleh Hayat Prihono Wiyadi, Kasi Bimas Islam Kemenag Ponorogo. Proses sidang isbat berjalan dengan lancar, meskipun pelaksanaan rukyatul hilal di Ponorogo terkendala dengan cuaca sehingga hilal tidak dapat terlihat. Meski begitu daerah lain di Jawa Timur bisa melihat secara nyata sehingga bisa menjadi dasar yang kuat dalam sidang isbat.

Masih kata Hayat, proses melihat hilal kemarin dilakukan serentak di Indonesia dengan dihadiri perwakilan saja, lantaran harus menggunakan prokes ketat. Untuk Ponorogo, pelaksanaanya sendiri di pondok Al-Islam Joresan. Saat menjelang matahari terbenam, kondisi cuaca di Ponorogo terpantau mendung sehingga menghalangi untuk bisa melihat hilal secara kasat mata.

Meski begitu di kawasan Jawa Timur lainnya yakni Tuban, Lamongan, dan Gresik bisa melihat dengan jelas. Sehingga setelah hasil rukyatul hilal disetiap daerah dikirim ke pusat, diperoleh kesimpulan sudah memenuhi kriteria untuk dilihat. (afy)