HeadlineJelajah

Sebuah Proyektil Sebesar Kaki Orang Dewasa Ditemukan di Ngrukem Mlarak

Satu buah proyektil amunisi berukuran 105 mm ditemukan di Dukuh Puthuk Desa Ngrukem Mlarak kemarin pagi. Kuat dugaan proyektil ini merupakan peninggalan Jaman Belanda. Beruntung saat ditemukan, kondisinya sudah tidak aktif sehingga tidak membahayakan. Saat ini peluru besar tersebut sudah diamankan di Kodim Ponorogo.

Kronologi penemuanya kata IPTU Rosyid Efendi Kapolsek Mlarak menceritakan, jumat kemarin, 03 Desember 2021, lahan tersebut dilakukan perataan menggunakan bantuan excavator. Lahan itu milik Suwito warga setempat, yang sekiranya nanti akan digunakan untuk tanah kavling.

Saat operator excavator meratakan tanah, tiba-tiba merasakan ada batu yang keras dan besar. Setelah dicek, ternyata bukan batu melainkan proyektil amunisi dengan diameter sebesar kaki orang dewasa. Mengetahui ada senjata lantas melaporkan ke Polsek dan kodim setempat. Beruntung setelah diperiksa ternyata sudah dalam kondisi berkarat dan tidak aktif. Kuat dugaan merupakan peninggalan semasa perang melawan Belanda.

Kapolsek menambahkan, sebelumnya pada tahun 2020, di lokasi yang sama juga ditemukan 8 proyektil amunisi. Jaraknya hanya berkisar 1 meter ke arah barat dengan penemuan yang sekarang. Kondisinya saat ditemukan juga sudah tidak aktif semua.