Beredar Info Hoax Pendaftaran Online Bantuan Sosial PPKM

Waspada berita Hoax. Dimasa PPKM Mikro Darurat ini masih saja ada oknum yang menyebar berita tidak benar. Akhir-akhir ini beredar informasi cara mendaftar bantuan sosial PPKM melalui sebuah situs. Situs tersebut marak disebarkan melalui pesan singkat WA.


Menanggapi hal tersebut, Supriyadi Kepala Dinas Sosial dan P3A, menegaskan tidak ada pendaftaran baru bantuan sosial. Link tersebut juga bukan milik Kemensos sehingga bisa dipastikan informasi itu adalah hoax alias tidak benar. Selain itu, Satu satunya data yang dipakai acuan untuk bansos adalah Data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS), tidak melalui link online. Sehingga pihaknya berharap masyarakat tidak mengikuti petunjuk di link tersebut. Jika memang ada yang ingin mendapatkan bantuan sosial, satu-satunya cara hanya melalui pendaftaran Offline. Langkah pertama bisa menghubungi desa dan kelurahan setempat nanti akan diverifikasi dan diajukan ke Dinas Sosial.

Sekedar informasi, link tersebut banyak tersebar dengan tulisan bansos ppkm online pembagian subsidi. Selain itu pada bagian deskripsi bantuan tersebut diklaim akan cair 3 hari lagi dengan nominal 300rb rupiah. Setelah di klik link tersebut akan meminta data dan informasi pribadi yang rawan di salah gunakan untuk kejahatan online.