Masih Jauh Capaian Lansia di Ponorogo dalam Program Vaksinasi

Capaian lansia di Ponorogo untuk bisa disasar vaksinasi Covid-19, masih  jauh dari yang ditargetkan. Berdasarkan data di Dinas Kesehatan dari 100 ribu sasaran lansia, baru 4000 orang yang telah memperoleh jatah vaksin Covid-19.


Heni Lestari, Kabid Pencegahan dan Penyakit Menular Dinas Kesehatan mengatakan, kondisi tersebut disinyalir karena warga banyak yang kurang menyadari akan pentingnya vaksin Covid-19. Padahal vaksin Covid-19 untuk lansia cukup penting. Pasalnya lansia mudah terpapar virus apalagi yang komorbid.

Lanjut Heni, padahal sesuai petunjuk dari pemerintah pusat, lansia merupakan prioritas vaksin Covid-19 juga. Namun informasi muncul ke masyarakat pasca vaksin Covid-19 mempunyai efek samping yang mengkhawatirkan. sehingga menimbulkan keengganan masyarakat yang divaksinasi.

Dari hasil evaluasi kejadian pasca imunisasi, hanya alergi dan demam ringan. Pihaknya akan gencar melakukan sosialisasi terhadap vaksinasi khusus lansia. Bahkan saat vaksinasi perangkat desa mereka harus membawa 1 lansia setiap satu perangkat. (rl/yd)