Dinkes Berikan Sinyal, Program Vaksinasi Jalan Terus Saat Ramadhan

Dinas Kesehatan Ponorogo memberikan sinyal, program vaksinasi Covid 19  akan tetap dilaksanakan pada bulan romadhon nanti. Drg Rahayu Kusdarini, Kepala Dinas Kesehatan mengaku sesuai fatwa MUI no. 13 tahun 2021  vaksinasi anti Corona dilakukan dengan injeksi suntik tidak membatalkan puasa. MUI merekomendasikan pemerintah tetap melakukan vaksinasi pada bulan Ramadhan, Sehingga penularan dan persebaran virus dapat dicegah.


Kendati begitu, pihaknya tetap akan memperhatikan kondisi kesehatan penerima vaksin yang sedang berpuasa. Misalnya lemas dan kurang sehat, hendaknya ditunda dulu. Namun berdasarkan evaluasi dalam pelaksanaan vaksinasi saat ini, banyak yang vaksinasi meski melaksanakan puasa sunah senin kamis. Ketika ditanya, baik-baik saja dan tidak ada keluhan pasca imunisasi. 

Disinggung  mengenai pelaksanaan vaksinasi akan di ganti malam hari saat bulan puasa nanti? Irin masih mempertimbangkan rencana tersebut. Hanya saja yang jadi pertimbangan, petugas vaksinator tentunya akan bekerja dua kali atau siang dan malam. Hal tersebut jelas akan memberatkan tenaga kesehatan. Pihaknya juga mementingkan kesehatan para petugas vaksinasi. Pihaknya berharap, dengan berpuasa tidak menjadikan alasan untuk menolak vaksinasi.