KPU Ponorogo Rencanakan Lelang Ribuan Surat Suara Bekas Pilkada

Pasca penetapan Bupati dan wakil bupati terpilih, KPU Ponorogo ancang-ancang akan melelang ribuan surat suara bekas Pilkada 2020 lalu. Ada sekitar 781.000 surat suara yang saat ini masih tersegel di kotak suara yang berada di gudang KPU di Babadan.


Arwan Hamidi divisi teknis penyelenggara KPU Kabupaten Ponorogo kepada gema surya menjelaskan, setelah penetapan, surat suara maupun logistik pemilihan sudah bisa dilakukan lelang, namun sejauh ini belum dilakukan karena pihaknya masih menunggu arahan dari KPU RI, sebab untuk proses lelang sendiri ada beberapa tahapan yang harus dilakukan, seperti surat pengajuan lelang ke KPU, kemudian  izin dari KPU RI, setelah didapatkan izin pihaknya baru mendaftarkan lelang ke Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL).

Arwan Hamidi menambahkan, yang dilelang nanti bukan hanya surat suara namun semua logistik, termasuk kotak suara yang terbuat dari dari karton itu, sementara untuk Thermogun, sudah ada petunjuk akan dihibahkan ke Pemkab Ponorogo. Kalau dihitung jumlah total Thermogun, sama dengan jumlah TPS Ponorogo yakni 2020 buah.