Jelang Puasa, Harga Kebutuhan Bahan Pokok Fluktuatif

Jelang bulan puasa, harga sejumlah kebutuhan pokok di Ponorogo boleh dikatakan belum stabil. Fluktuasi harga terjadi pada sejumlah komoditas. Pantauan gema surya di Pasar Relokasi Ponorogo, Jalan Dr Cipto Mangunkusumo, harga cabai rawit, bawang putih, dan daging ayam bisa naik dan turun sewaktu-waktu. Suprihatin salah satu pedagang mengatakan harga cabai rawit mulai turun sejak tiga hari terakhir. Bebeberpa waktu lalu mencapai 130 ribu perkilogram kini turun tinggal 95 ribu rupiah perkilogram. Harga tersebut menurut Suprihatin bisa saja terus turun atau bertahan, namun bisa juga naik kembali. Misalnya jika stoknya banyak maka harganya bisa turun tapi kalau sedikit maka akan naik lagi.


Untuk komoditas lain yaitu bawang putih, mengalami kenaikan harga. Dari yang biasanya 18 ribu per kilogram naik 6 ribu sehingga menjadi 24 ribu per kilogram. Disinyalir kenaikan harga tersebut karena kiriman barangnya kurang. Suprihatin mengungkapkan banyak pelanggannya yang mengeluh dengan kenaikan sejumlah komoditas tersebut. Dampaknya pelanggan terpaksa mengurangi jumlah belanjaannya sesuai dengan kemampuan. Selain bumbu dapur, harga daging ayam juga tidak stabil, berkisarantara dari 32 ribu hingga 35 ribu rupiah per kilogram.

Sementara itu Adin Andanawarih Kepala dinas perdagangan koperasi dan UMKM mengatakan
pihaknya pekan depan mendapat undangan dari provinsi Jawa Timur untuk membahas operasi pasar sebagai upaya untuk menstabilkan harga. Apalagi mendekati bulan ramadan. Nantinya operasi pasar akan dilakukan khususnya pasar di bawah Perdakum. Pihaknya pun telah bekerja sama dengan Bulog untuk melaksanakan operasi pasar.