Soal Subsidi Listrik Gratis, PLN Ponorogo Tegaskan Hanya Sampai Desember 2020

Mulai tahun depan, para pelanggan listrik PLN dengan daya 450 VA harus siap-siap membayar tagihan lagi. Pasalnya subsidi listrik gratis hanya sampai Desember 2020. Pernyataan itu disampaikan Joko Prasetyo, Manager ULP Ponorogo, menyikapi banyaknya pertanyaan apakah subsidi listrik gratis PLN akan diperpanjang hingga tahun 2021.


Sampai saat ini pihaknya kata Joko, belum menerima instruksi kebijakan  subsidi listrik gratis untuk daya 450 VA maupun diskon 50 persen untuk 900 VA diperpanjang. Itu artinya mulai Januari 2021 tagihan ke pelanggan akan diberlakukan lagi sehingga jika tidak membayar maka siap-siap ada pemutusan.

Diakui, jika subsidi listrik gratis tersebut dalam rangka membantu warga kurang mampu untuk tidak terlalu terpuruk ekonominya di tengah pandemi. Namun begitu soal perpanjangan kebijakan subsidi listrik gratis merupakan kebijakan pusat pihaknya selalu yang berada di daerah hanya menunggu.

Pantauannya dengan adanya subsidi listrik gratis penggunaan Kwh meter juga meningkat karena pelanggan merasa tidak membayar sehingga  pemakaiannya justru dimaksimalkan. (rl)