Pemdes Selur Bangun Pembangkit Listrik Mikro Hidro

Seluruh desa di Ponorogo terus mengoptimalkan potensi yang ada di wilayahnya masing masing, tak terkecuali dari sektor pariwisata. Kali ini, Pemerintah Desa Selur Ngrayun yang siap mengoptimalkan wisata air terjun sunggah dengan membangun pembangkit listrik mikro hidro.


Prapto, Kades Selur kepada Gema Surya mengatakan, jika hanya mengandalkan keindahan air terjun akan membosankan. Pasalnya, Air Terjun Sunggah akan terlihat indah pada saat musim penghujan, tapi aliran air terjun akan mengecil saat musim kemarau datang. Karena itu dengan menggandeng mahasiswa dari Universitas Brawijaya, pihaknya sedang membuat Pembangkit Listrik Mikro Hidro (PLMH).

PLMH berbentuk kincir angin itu, merupakan pembangkit listrik skala kecil yang menggunakan tenaga air sebagai tenaga penggeraknya. Selain bisa untuk wisata edukasi, juga berguna untuk saluran irigasi air terjun alam dengan cara memanfaatkan tinggi terjunan dan debit air. Saat ini kata Prapto pengerjaannya sudah mencapai 70 persen dengan mengambil Dana Desa. Konsep lainnya adalah panen air hujan. Desanya juga mengajukan bantuan jembatan gantung, agar bisa menghubungkan Desa Selur Cepoko dan Desa Ngrayun.