Perhitungan Suara Pemilu 2019 Kabupaten Ponorogo Butuh Waktu 3 Hari

Rapat pleno hasil perhitungan suara tingkat Kabupaten Ponorogo oleh KPU di gedung bakti Jl Sukarno Hatta diperkirakan butuh waktu sampai tiga 3 hari. Kalau dimulai hari Minggu kemarin, 28/04/19, maka baru akan selesai hari Selasa, 30/04/2019.


Ahmad Fauzi Huda, ketua KPU Ponorogo Senin pagi 29/04/19 mengatakan, rapat pleno terbuka tingkat kabupaten baru dimulai, setelah di tingkat kecamatan selesai. Itupun jadwal penghitungannya bukan hak penuh KPU saja, tapi berdasar kesepakatan dari berabgi pihak, seperti BANWAS, kepolisian dan juga panitia pemilu. Dan dibatasi cukup sampai jam 10 malam. Masing-masing kecamatan wajib menyampaikan hasil perhitungannya di depan umum. Sedangkan untuk menghindari faktor kelelahan dalam relapitulsi perhitungan suara ini, pihaknya juga mendatangkan petugas dinas kesehatan untuk memeriksa kesehatan para panitia.

Dua hari rekapitulasi hasil pemilu 2019 di tingkat kabupatan, KPU Ponorogo baru menyelesaikan 4 kecamatan. Yakni Slahung dan Ngrayun di hari minggu. Sedangkan Senin siang baru Bungkal dan Sambit.

Sementara itu, Arwanhamidi komisionare divisi teknis penyelanggaraan KPU Ponoroogo, mengatakan di hari minggu kemarin ada kendala teknis misalnya merubah set tempat duduk. Pihaknya lebih mementingkan secara legitimasi hasil rekap yang diterima oleh semua pihak.