HeadlineJelajah

Kebijakan One Way Jalan Terus, Simpang Lima OKAZ Akan Dipasangi Traffic Light

Adanya korban meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas di Jalan Sultan Agung, Bupati Sugiri Sancoko seakan panen hujatan. Hampir semua postingan di media sosial, faktor laka lantas tersebut dikaitkan dengan kebijakan one way yang sudah diterapkan hampir 3 bulan terakhir.

Kabarnya orang nomor satu di Pemkab itu, tidak tinggal diam. Buktinya adalah Ahad, 22 April 2024, mengumpulkan tim lalu lintas angkutan jalan untuk menggelar rapat evaluasi.

Hal itu dibenarkan Wahyudi, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub), dimana rapat dipimpin langsung oleh Sekda Agus Pramono. Hasilnya, one way Jalan Sultan Agung dan ruas jalan lain tetap diberlakukan tapi akan ada penambahan rambu lalu lintas, fasilitas keamanan, dan petugas.

“kemarin kita dimintai evaluasi laporan evaluasi pelaksanaan,” katanya saat ketika dihubungi RGS FM.

Pihaknya mencontohkan simpang lima OKAZ akan diberi traffic light, penambahan water barrier, speed bump, dan akan ada petugas khusus di jalur tersebut.

“Sarana pendukung akan kita laksanakan, seperti pemasangan speed bump, water barrier, dan pemasangan traffic light di simpang OKAZ, dan termasuk pemasangan rambu-rambu lalu lintas,” imbuhnya.

Lebih lanjut diakui jika hasil evaluasi Satlantas, ada beberapa kasus laka lantas yang ditangani, baik di Jalan Sultan Agung maupun Jalan Bhayangkara. Dari semua kejadian, penyebabnya karena human error, alias kurang hati-hati pengendara. (rl/ab)